Rabu, 05 Maret 2014

about plurk


Apa arti plurk..?
Beberapa definisi plurk menurut developernya adalah: Singkatan dari people and lurk, atau play and work, dan bisa juga peace, love, unity, respect, and karma. Tetapi secara kata benda, penyebutan plurk memang hal yang baru.
Seperti pada website mikroblog lainnya, plurk juga dirancang agar penggunanya selalu update. Hal ini terlihat dari tampilan halaman webnya yang menampilkan setiap kegiatan dalam bentuk timeline (garis waktu).
Fitur pada plurk
Sebagai jejaring sosial, tentunya plurk punya fitur yang cukup menarik menurut saya. Walaupun tidak semuanya ditulis diblog ini, tapi di bawah ini adalah fitur yang saya sukai dari plurk.. ;-)
1. Horizontal Timeline
Salah satu hal menarik yang ada di plurk adalah horizontal timeline. Di web ini tampilan timeline setiap plurker di tampilkan secara horizontal (dari kiri ke kanan), bukan secara vertikal. Sehingga tampilannya juga menarik. Dengan bentuk timeline secara horizontal memang membuat sensasi navigasi yang berbeda bagi setiap pengguna.
Home page
Home page
2. Emoticon
Salah satu hal yang membedakan plurk dan beberapa situs jejaring sosial atau mikroblog adalah adanya fitur emoticon. Emoticon di plurk sangat unik, karena setiap pengguna plurk bisa mempunyai emoticon yang berbeda beda, tergantung dari jumlah teman yang diundang maupun karma yang dimilikinya. Ada juga emoticon yang tersembunyi, artinya emoticon memang tidak ada di daftar emoticon, namun jika pengguna menggunakan tag yang benar maka emoticon akan muncul.
Menu emoticon
Menu emoticon
Satu hal yang paling penting dari emoticon adalah ketika pengguna kehabisan kata kata untuk mengungkapkan sesuatu, maka emoticon bisa menggantikannya. Ini adalah salah satu fitur yang saya sukai dari plurk.
3. Karma
Apa itu karma..? Pengguna plurk pasti sudah tau jawabannya. Yang pasti karma disini bukan seperti yang dimaksud seperti di budaya India. Hehe.. Yap, karma adalah point atau sejenis penilaian yang diberikan oleh plurk kepada pengguna. Karma sendiri bisa berubah ubah, dalam artian bisa naik dan bisa turun. Tergantung bagaimana keaktifan si pengguna terhadap plurk. Meningkatnya karma akan menambah fitur pengguna di plurk, misalnya emoticon, badge, creature dsb.
Karma
Karma
Beberapa tips untuk menaikkan karma.
  • Mengundang teman untuk bergabung ke plurk.
  • Jangan lupa untuk ngeplurk, paling tidak sekali dalam sehari.
  • Tanggapan (Response) dari pengguna plurk yang lain.
  • Meng-update profile (profile picture, location, birth day dll).
Selain menaikkan karma, tentunya ada beberapa hal yang membuat karma jadi turun. Harus dihindari oleh pengguna plurk kalo karmanya gak mau turun. :D
  • Melakukan spam ke pengguna lain.
  • Nggak rajin nge-plurk.
  • Jika request friend tapi di tolak (reject).
  • Di unfollowed oleh teman plurk.
  • Terlalu sering nge-plurk *lebih dari 30 kali sehari*
4. Badge
Badge juga merupakan penghargaan dari plurk bagi penggunanya. Berbeda dengan karma, hasil dari badge bukan merupakan point tapi berbentuk seperti pin yang ada di halaman profile pengguna. Untuk mendapatkan badge, pengguna tinggal melakukan badge apa yang diinginkan. Misal:
  • Menginvite teman untuk bergabung ke plurk
  • Punya fans
  • Karma 100 *Masuk ke karma 100 club*
  • Profile dilihat pengguna atau orang lain
  • Rajin plurk
  • Rajin membalas plurk dari pengguna lain
  • dsb
Badges yang ada di plurk
Badges yang ada di plurk
Pada situsnya plurk mengatakan yang intinya adalah jika ada pengguna yang mendapatkan badge dengan cara curang maka akan dilarang untuk menggunakan plurk, atau istilah lainnya di banned.
5. Friends and Fans
Fitur yang ini tampaknya memang umum di situs jejaring sosial, bahkan ada juga forum yang sudah menggunakan fitur friends. Nah pada plurk sebetulnya sama saja. Hanya saja penggunaannya pastinya spesifik untuk masalah plurk.
Friend menunjukkan bahwa jika si A adalah friend si B, maka setiap update plurk dari A, maka B akan mendapatkan plurknya. Begitu juga sebaliknya. Kecuali kalau plurk dari si A terdapat privasi.
Fan adalah follower dari timeline plurk. Misal si A adalah fan dari si B. Maka setiap update plurk dari B, maka si A akan mendapatkan plurknya. Tetapi tidak berlaku sebaliknya.
Friends and Fans
Friends and Fans
Sekian dulu tentang plurknya. Jangan lupa saran dan kritik langsung di komentar ajah. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya.. :)


cr : http://ifhayz.wordpress.com/2011/01/11/plurk-apakah-itu/


0 komentar:

Posting Komentar